Bagi lulusan baru dari SMA ataupun SMK, memikirkan dan mempersiapkan prospek masa depan menjadi hal yang penting. Berbagai pilihan dapat diambil oleh para lulusan baru. Ada yang memilih untuk terjun langsung ke dunia kerja, adapun yang merencanakan untuk melanjutkan ke jenjang kuliah. Untuk para lulusan SMA dan SMK yang akan melanjutkan pendidikan di bangku kuliah, yuk intip beberapa tips berikut agar kalian makin siap dalam dunia perkuliahan.

Siapkan Mental

Mental menjadi hal penting dan utama di dunia perkuliahan. Walaupun hakikatnya sama-sama mencari ilmu, namun situasi dan kondisi di masa kuliah sangat jauh berbeda dengan apa yang Anda rasakan semasa sekolah dulu. Apalagi jika Anda seorang perantauan yang tinggal jauh untuk menuntut ilmu. Adaptasi sosial dan budaya baru di tempat yang baru juga menjadi hal yang harus Anda sesuaikan, karena di tempat kuliah akan berkumpul mahasiswa dengan berbagai macam budaya, kultur dan latar belakang yang beragam.

Menguasai Seluk Beluk Bidang Studi

Setelah Anda menyiapkan mental untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah, selanjutnya Anda harus menguasai seluk beluk bidang studi yang akan Anda ambil. Misalnya Anda seorang mahasiswa Psikologi, Anda perlu mengetahui  sebeneranya apa yang akan Anda pelajari selama 4 tahun ke depan atau lebih. Jadi penting sekali untuk mencari tahu apa saja yang akan di pelajari, bekerja di bidang apa saja lulusan dari jurusan tersebut. Dengan demikian, Anda dapat mepersiapkan segalanya dengan matang, misalnya membeli buku-buku kuliah, diklat, modul, dan referensi lainnya.

Persiapkan Perlengkapan Kuliah

Dalam memulai pendidikan baru, tentunya perlengkapan kuliah tidak boleh terlupakan, salah satunya yaitu

  1. Buku kuliah
  2. Alat Tulis
  3. Handphone
  4. Laptop
  5. Flashdisk

Target Kuliah

Saat semua hal di atas sudah terpenuhi, selanjutnya yang harus di siapkan adalah target kuliah. Targer-target disini bisa berupa strategi dalam belajar, buat jadwal kuliah, dan bila perlu buatlah sebuah catatan kecil yang berisi motivasi agar Anda senantiasa bersemangat dalam mengejar target Anda

Tentunya hal di atas harus di siapkan dari jauh-jauh hari, terlebih dalam hal dana masuk kuliah. Tiap Universitas mematok harga yang berbeda-beda tiap gelombangnya, maka dari itu perlu sekali untuk mempunyai tabungan agar dana-dana tdiak terduga seperti ini bisa di atasi.

Salah satunya dengan menjadi anggota Koperasi Namastra. Dengan ikut menjadi anggota koperasi, Anda bisa mempersiapkan segala keperluan anak Anda dengan mengikuti program Tabungan Harian Gesit. Ini adalah tabungan yang di desain khusus untuk membantu anggota koperasi mempersiapkan tabungan dan memberikan keleluasaan bagi anggota yang menyetor dan menarik tabungannya sewaktu-waktu.

Jadi tunggu apalagi, ayo bergabung menjadi anggota Koperasi Namastra dan dapatkan berbagai macam keuntungannya..