Bukan sebuah rahasia lagi kalau Indonesia terkenal dengan beranekaragam kulinernya yang mendunia,sebut saja Rendang makanan khas dari Padang, Rawon yang identik dengan Jawa Timur, Coto Makassar yang menjadi kuliner andalan khas Sulawesi Selatan, berbagai olahan Sate dan Bakso yang unik di setiap daerah, hingga Gudeg olahan manis nan gurih dari Yogyakarta.

Bahkan, industri kuliner di Indonesia makin menggeliat dengan berbagai macam inovasinya. Ini didukung dengan data dari Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) pada Februari 2018 yang mencatat bahwa subsector kuliner berkontribusi 41,4 persen dari total kontribusi perekonomian kreatif yang di mana jumlah ini paling besar dari 16 subsektor lain di BEKRAF RI.

Tentu saja ini tidak lepas dari kayanya hasil rempah yang ada di Bumi Peritiwi. Dengan banyaknya rempah dan hasil bumi di Indonesia membuat berbagai macam olahan makanan mempunyai citarasa dan ciri khasnya masing-masing di setiap daerah, salah satunya di Kota Bogor. Kota yang terkenal dengan sebutan “Kota Hujan” karena curah hujannya yang tinggi ini mempunyai berbagai macam kuliner yang wajib Anda cicipi.

Soto Kuning Bogor

Kuliner favorit para wisatawan saat mengunjungi Kota Bogor yaitu Soto Kuning. Olahan daging dan jeroan sapi yang sudah diberi bumbu, lantas di sirami kuah kuning yang gurih dan ditaburi irisan seledri dan bawang goreng, lalu di temani oleh satu piring nasi hangat sangat cocok dinikmati selagi hangat.

Laksa Bogor

Makanan yang berisikan bihun, toge, tahu, oncom, telur ayam rebus, dan ketupat dalam satu piring dan di siram dengan kuah kuning kaya rempah, lalu diberi potongan daun kemangi ini sangat wajib Anda cicipi.

Toge Goreng

Santapan yang satu ini sedikit unik karena walaupun namanya Toge Goreng, tetapi dalam prosesnya sayur toge tersebut di rebus menggunakan arang kayu dan di hidangkan bersama ketupat dan tahu, yang kemudian dilumuri bumbu kacang yang manis dan gurih.

Roti Unyil

Makanan atau oleh-oleh wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Bogor. Olahan roti yang di buat unyil atau kecil dengan berbagai macam isian seperti sosis, pisang, coklat, keju, dan jagung ini mampu memanjakan lidah siapapun yang menyantapnya

Beberapa anggota Koperasi Namastra pun mempunyai usaha di bidang kuliner. Mereka mengajukan pinjaman sebagai anggota Kelompok Mandiri Sejahtera untuk memulai sebuah usaha atau bahkan mengembangkan usaha tersebut. Ada yang membuka usaha warung nasi, menjual berbagai macam olahan kue, dan menjual macam-macam dagangan pasar. Anda pun bisa menjadi anggota Koperasi Namastra untuk membuka usaha Anda sendiri dan turut serta dalam membantu sesama anggota yang bergerak di bidang usaha kuliner.