Banyak dari kita yang memiliki penghasilan atau gaji yang tinggi namun belum juga bisa menabung. Berbagai macam keinginan untuk membeli barang-barang sekunder yang sudah direncanakan ataupun yang tidak direncanakan adalah penghambat untuk menabung. Dalam hidup, menentukan sebuah cita-cita, harapan, dan masa depan adalah hal yang penting. Dengan begini setiap kebutuhan di hidup Anda bisa dibedakan berdasarkan porsinya masing-masing baik itu kebutuhan sekunder maupun primer.

Biasakan untuk memilah barang-barang mana saja yang menjadi prioritas untuk memenuhi kebutuhan Anda. Hindari berbelanja cuma hanya demi gaya hidup. Bagi Anda yang memiliki jutaan impian dan rencana di masa depan, kebiasaan bini tentunya sangat menghambat. Mulai saat ini, cobalah untuk mencatat setiap pengeluaran Anda tiap bulan, agar grafik keuangan Anda mudah di hitung dan dapat diperkirakan.

Berikut ini faktor yang menghambat menabung Anda

Cicilan

Banyak dari kita yang sulit untuk menabung karena banyaknya cicilan yang harus dibayarkan. Mulai dari cicilan barnag elektronik, kendaraan bermotor, hingga kartu kredit. Ini menjadi masalah utama, kenapa? Karena penghasilan kita terkadang hanya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dan sisanya digunakan untuk bayar cicilan. Coba untuk hindari menyicil barang-barang yang kurang penting.

Banyak Memegang Uang Tunai

Selama Anda menyimpan uang dalam bentu tunai terlalu banyak, itu justru membuat Anda menjadi boros. Otak akan senantiasa mestimulasikan pikiran untuk selalu membelanjakan uang tersebut. Batasi jumlah uang tunai yang akan Anda simpan di dompet atau saku Anda

Belanja Tidak Sesuai Kebutuhan

Ini adalah hal yang paling sulit dilawan. Berbagai macam keinginan untuk membeli ini-itu membuat Anda boros. Biasanya godaan itu datang saat Anda melihat trend fashion terbaru, gadget, hingga kendaraan bermotor. Hindari pola hidup konsumtif. Jangan hamburkan uanguntuk hal yang tidak terlalu penting.

Tidak Adanya Catatan Keuangan

Banyak orang tidak mempunyai catatan keuangan perihal pemasukan dan pengeluaran mereka. Dengan begini dipastikan tidak adanya kontrol dalam hal pembelanjaan. Mencatat pengeluaran dan penghasilan Anda tentunya penting, agar apa yang Anda dapatkan dan apa yang Anda keluarkan seimbang.

Mulai saat ini cobalah untuk cerdas dalam mengelola keuangan. Pastikan barang-barang yang Anda beli memang beanr-benar Anda butuhkan. Jangan terlalu sering menuruti ego untuk memiliki barang-barang tertentu. Cobalah berhemat, agar setiap perencanaan di masa depan dapat Anda raih.

Bergabung bersama kami di koperasi Namastra. Berinvestasi dengan aman, mudah dan menguntungkan dengan berbagai macam produk dari Namastra.