Di zaman modern saat ini, masyarakat harus cerdas dalam mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Salah satu cara menabung yang popular saat ini yaitu investasi. Berinvestasi tidak melulu soal uang, adapun dengan barang lain, diantaranya adalah

EMAS ATAU LOGAM MULIA

Investasi dalam emas atau logam mulia adalah salah satu cara klasik dalam menabung. Mengapa? Karena emas biasanya akan mengalami kenaikan harga sebagai respon terhadap kejadian-kejadian ternteru yang menyebabkan nilai paper investment seperti saham dan obligasi menurun.

Harga emas juga dapat bergejolak dalam jangka waktu yang singkat, namun tetap tejaga nilainya dalam jangka waktu yang Panjang. Melihat hal ini tentunya emas dapat menjadi salah satu investasi yang layak untuk Anda pertimbangkan.

PROPERTI

Properti pada umumnya akan mengalami peningkatan dalam segi nilai dari tahun ke tahun. Hal ini seringkali membuat property menjadi salah satu pilihan investasi jangka panjang yang populer. Namun perlu diketahui bahwa selain mendatangkan keuntungan, kerugian juga akan turut hadir dalam sebuah bisnis property. Salah satunya adalah dimana Anda akan mengeluarkan biaya yang tinggi dan membutuhkan banyak uang untuk membeli sebuah properti. Selain itu biaya perawatan harus di perhatikan, karena semakin terawat properti Anda, makin tinggi nilai jual yang didapatkan.

SAHAM

Ini adalah salah satu jenis investasi yang terkenal. Investasi jenis ini biasanya berupa bentuk kepemilikan sebuah perusahaan. Bila Anda memiliki saham di perusahaan, maka Anda berhak untuk mendapatkan bagian dari keuntungan yang didapatkan.

Investasi saham cenderung menawarkan hasil yang tinggi jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Akan tetapi, saham akan bersifat high risk, high return. Harga saham yang naik turun dalam waktu yang relatif cepat membuat investasi jenis ini berisiko sangat tinggi.

REKSA DANA

Instrumen investasi berikutnya adalah reksa dana. Reksa dana sendiri merupakan wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi.

Terdapat beberapa jenis reksa dana dengan tingkat risikonya masing-masing. Para perencana keuangan menyarankan agar berinvestasi pada reksa dana saham bila untuk memenuhi kebutuhan keuangan jangka panjang.

Berinvestasi pada reksa dana saham mirip dengan membeli saham secara langsung. Bedanya pada reksa dana saham, pemilihan saham dilakukan oleh manajer investasi. Risiko membeli saham langsung juga lebih besar karena diperlukan kelihaian investor dalam menganalisa pergerakan saham.

ASURANSI

Asuransi juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk investasi jangka panjang. Asuransi berguna untuk meminimalisir kerugian keuangan bila terjadi risiko di masa mendatang. Misalnya, suatu saat Anda atau keluarga Anda jatuh sakit dan memerlukan penanganan khusus yang memerlukan biaya cukup besar, maka asuransi kesehatan akan dapat membantu meringankan biaya pengobatan.

Begitu juga jika memiliki asuransi pendidikan, bisa digunakan untuk persiapan dana pendidikan anak yang tiap tahunnya mengalami kenaikan.

Itulah beberapa investasi yang cocok untuk Anda di era modern saat ini. Untuk Anda yang ingin memulai sebuah investasi dengan mudah, aman, dan menguntungkan tentunya koperasi Namastra solusinya. Berevolusi menjadi koperasi digital pertama di Asia Tenggara, Koperasi Namastra memberikan kemudahan bagi para anggotanya untuk berinvestasi dengan aman dan dengan berbagai macam bonusnya.


Artikel blog ini ditulis oleh Koperasi Namastra, koperasi digital pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pembiayaan yang diberikan kepada kelompok wanita produktif yang tergabung dalam Kelompok Mandiri Sejahtera (KMS) yang akan digunakan untuk modal usaha dan membuka opsi investasi dengan pembagian profit yang jelas bersama Koperasi Namastra.

Koperasi Namastra secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).