Memiliki sebuah pekerjaan yang menjanjikan merupakan sebuah mimpi yang diidamkan semua orang dan tentunya setiap orang ingin karir yang mereka geluti merupakan pilihan terbaik di hidupnya. Lalu apa saja sih pekerjaan yang paling menjanjikan di masa depan? Nah untuk Anda yang baru lulus SMA/SMK dan sedang memilah tentang jurusan yang akan di ambil di bangku kuliah nanti, dan juga para pencari kerja yang sedang menimbang-nimbang pekerjaan seperti apa yang cocok di era modern saat ini, berikut adalah beberapa pekerjaan yang paling mennjanjikan di masa depan diantaranya:

Praktisi Kesehatan

Menurut laporan The Future Jobs yang dilansir dari World Economic Forum, lapangan pekerjaan di bidang kesehatan masih tetap akan menjanjikan dimasa depan. Seperti yang kita tahu, populasi penduduk semakin meningkat tiap tahunnya, dan tentunya dengan jumlah yang semakin bertambah, praktisi kesehatan pun semakin dibutuhkan terutama didaerah-daerah pelosok yang jarang tersentuh teknologi.

Ahli Data

Profesi selanjutnya ialah ahli data. Ahli data sendiri merupakan pekerjaan atau profesi yang bertugas untuk mengumpulkan, mengolah dan menganalisa data yang sudah diperoleh oleh perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan. Banyak orang beranggapan profesi ini hanya digeluti oleh individu yang memiliki latar belakang sains dan IPA, tetapi pada kenyataan pekerjaan ini dapat digeluti oleh siapa saja yang memiliki keterampilan dan pengetahuan di bidang ekonomi, matematika, manajemen, komunikasi, komputer dan elektronik, maupun statistik.

Tak hanya itu, orang-orang yang menggeluti pekerjaan ini diharuskan untuk memiliki kecakapan dalam berkomunikasi (soft skill),berpikir kritis, dan memiliki kemampuan analisis yang kuat agar bisa mengkomunikasikan hasil analisis yang didapat dengan baik dihadapan para klien.

SEO Specialist atau Content Writer

Setiap perusahaan tentu memerlukan orang-rang yang dapat menuliskan penjelasan tentang produk-produk mereka dengan baik serta penggunaan tulisan yang mudah dipahami oleh khalayak. Maka dari itu posisi SEO Specialist atau Content Writer sangat vital dalam strategi pemasaran suatu perusahaan.

Web/Mobile Application Developer

Dengan gencarnya indstri 4.0 dan banyaknya website dan aplikasi e-commerce bermunculan, tak heran web dan mobile application developer dibutuhkan dimana-mana. Beberapa perusahaan juga membutuhkan developer website untuk situs perusahaan mereka yang membuat profesi ini semakin dicari oleh perusahaan.

Designer

Untuk membuat sebuah produk, kita memerlukan konsep dasar juga desain yang pas dan menarik, tentunya tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut. Designer banyak sekali diperlukan diberbagai industri. Mulai dari industri pakaian, industri teknologi, sampai dengan pekerjaan kontruksi memerlukan designer agar produk atau hal yang kita ciptakan lebih sempurna.

Ahli Lingkungan

Semakin pesatnya era industrial, berpengaruh pula kepada kondisi lingkungan disekitarnya. Mulai dari cara mengatasi air limbah, polusi udara, penebangan liar dan juga kelestarian lingkungan. Biasanya para ahli lingkungan berasal dari jurusan studi bidang tehnik lingkungan atau environmental engineering. Mereka-mereka ini juga banyak dibutuhkan oleh lembaga-lembaga pemerintahan dan pabrik loh!

Bila salah satu pekerjaan diatas termasuk posisi yang kamu idamkan, persiapkan dirimu dari sekarang. Cari pelatihan dan pengalaman ilmu sebanyak-banyaknya.

Artikel blog ini ditulis oleh Koperasi Namastra, koperasi digital pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pembiayaan yang diberikan kepada kelompok wanita produktif yang tergabung dalam Kelompok Mandiri Sejahtera (KMS) yang akan digunakan untuk modal usaha dan membuka opsi investasi dengan pembagian profit yang jelas bersama Koperasi Namastra.

Koperasi Namastra secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).