Investasi berarti pembelian atau produksi dari modal barang yang tidak dikosumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang atau barang produksi. Investasi juga terkadang disebut dengan istilah penanaman modal atau pembentukan modal. Sedangkan bisnis property merupakan sebuah bisnis yang bisa dibilang tidak pernah mati. Ini disebabkan kaarena tempat tinggal merupakan kebutuhan premier manusia yang tidak akan pernah lekang dimakan waktu.

Dengan mengambil investasi properti banyak masyarakat yang mengharapkan keuntungan dan kestabilan keuangan agar tidak terpengaruh dengan dampak inflasi yang semakin tahun semakin mengkhawatirkan.

Baca Juga: Ini Pilihan Investasi Dengan Risiko Rendah

Namun, dalam kenyataannya investasi properti tidaklah seperti yang Anda bayangkan. Investasi ini tidak melulu selalu menghasilkan untung seperti yang Anda lihat. Selalu ada risiko besar dalam setiap kesempatan besar. Itulah pentingnya sebuah ketelitian dan strategi dalam menjalankan investasi ini.

Dari sekian banyaknya strategi yang bisa Anda ambil, terdapat sebuah strategi yang bisa dibilang khusus untuk bisa Anda jalankan agar Anda dapat memperoleh untung yang maksimal sesuai dengan ekspetasi Anda.

Cari Pengembang yang Baik

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari pengembang atau developer yang baik. Anda bisa melihat mereka termasuk pengembang yang baik atau tidak dengan cara melihat track record masing-masing dari pengembang tersebut. Point yang harus menjadi petimbangan Anda juga adalah developer tersebut harus memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas tinggi, berpengalaman di proyek-proyek besar, dan harus memiliki margin error yang relative rendah.

Lokasi Properti yang Baik

 Dalam investasi property, lokasi merupakan hal yang sangat penting untuk Anda perhatikan. Lokasi-lokasi yang strategis dengan mudahnya akses trasnportasi, dekat dengan pusat pendidikan, dekar dengan kantor pemerintahan, dan dekat dengan pusat perbelanjaa, akan menjadi favorit bagi investor.

Fasilitas Memadai

Selain faktor lokasi, beberapa fasilitas dalam perumahan juga sangat penting untuk dicermati. Hal tersebut karena setiap orang pasti menginginkan lokasi properti yang sudah ditunjang oleh fasilitas yang memadai, dari mulai fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan, pusat olahraga, akses transportasi yang memadai dan fasilitas lainnya. Hal ini harus bisa Anda lakukan supaya pembeli bisa lebih nyaman dan mau membeli properti yang Anda tawarkan. Walaupun mungkin harga yang Anda tawarkan akan sedikit mahal.

Selain itu, dengan fasilitas yang lengkap juga, maka Anda seolah-olah berpeluang untuk membuka lahan bisnis lainnya. Misalnya saja, ketika daerah yang Anda bangun tersebut mengalami kemajuan yang pesat, maka bisa saja Anda mendirikan beberapa bangunan sebagai penunjang, misalnya Mall yang lebih dekat ke perumahan, Ruko dan bisnis penunjang lainnya.

Cermati Harga Properti

Pastinya yang Anda harapkan dengan menjalankan bisnis ini adalah mendapatkan keuntungan. Namun tentu saja, harga yang Anda tawarkan pun harus masuk akal dan dalam batas wajar. Bangunan dengan kualitas baik dan ditunjang dengan berbagai macam fasilitas yang memadai tentunya akan mendapatkan harga yang sedikit mahal.

Baca Juga: Investasi Menguntungkan Bersama Namastra

Melihat Sampel Rumah

Kebanyakan developer biasanya akan menawarkan paket hunian yang belum dibangun dan sudah dibangun. Ini juga perlu Anda cermati, karena sebaiknya Anda memilih lokasi yang digemari oleh masyarakat sekitar. Hal tersebut karena bisa saja rumah tersebut dijual atau disewakan kembali dan Anda bisa mendapatkan untung lebih.

Pemilihan sample rumah yang trend juga menjadi penting sebagai referensi bagi orang-orang yang berminat dengan rumah Anda. Sample rumah menjadi hal yang sesitif, oleh karena itu Anda harus siap dengan segala kritik dan saran tambahan dari calon pembeli.

Dengan mengetahui segala strategi dan berbagai macam potensi kerugian dalam bisnis property, diharapkan Anda akan lebih bijak dan dewasa lagi dalam memilih produk investasi. Jadi ketika investasi property Anda mengalami hambatan, Anda bisa menanggulanginya semaksimal mungkin.


Artikel blog ini ditulis oleh Koperasi Namastra, koperasi digital pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pembiayaan yang diberikan kepada kelompok wanita produktif yang tergabung dalam Kelompok Mandiri Sejahtera (KMS) yang akan digunakan untuk modal usaha dan membuka opsi investasi dengan pembagian profit yang jelas bersama Koperasi Namastra.

Koperasi Namastra secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Dinas Koperasi