Tidak dapat dipungkiri jika kita hidup di zaman dimana internet menghubungkan semua orang. Ditambah, dengan adanya internet, semua orang dapat mengakses semua hal dengan begitu mudah. Internet sudah menjadi hal yang lumrah dan sangat berpengaruh pada dunia ekonomi serta bisnis.

Sekarang semuanya berbasis online, bermula dari jualan online hingga investasi online. Invstasi online bukanlah hal yang aneh lagi di zaman sekarang, karena cara yang mudah, pendapatan yang cukup menjanjikan, dan modal yang sedikit membuat beberapa orang memilih jenis investasi online.

Karena hal tersebut, tidak mengherankan jika, investasi online menjadi bahan pembicaraan saat ini. Namun, tidak bisa dipungkiri juga bahwa investasi online tidaklah aman atau ada juga yang rawan penipuan. Hal ini terkadang terjadi kepada investor yang belum memiliki pengetahuan yang cukup dalam dunia investasi online. Berikut tips agar anda aman dalam investasi online

Memiliki kredibilitas yang terbukti

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah memastikan lembaga atau tempat investasi online, memiliki kredibilitas yang baik. Lembaga yang kredibiltasnya sudah terbukti biasanya mendapatkan persetujuan dari Ototritas Jasa Keuangan (OJK). Anda juga bisa mengecek di website OJK untuk melihat lembaga apa saja yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Jangan menginvestasikan semuanya pada satu jenis investasi tertentu

Investasi online terkadang tidak membutuhkan biaya yang banyak untuk memulainya. Karena anda bisa memulai dengan biaya yang murah, ada baiknya jika anda menyebarkan dana anda ke beberapa investasi online tertentu. Pastinya yang sudah mendapatkan persetujuan dari Ototritas Jasa Keuangan.

Mulai dari yang kecil

Ketika anda baru pertama kali mencoba investasi online, tentu anda tidak mau merugi begitu besar bukan? Jika begitu, anda sebaiknya mencoba investasi dari yang kecil untuk membiasakan diri dengan investasi online. Untuk memulainya anda bisa memulai dari mencari tahu perusahaan atau lembaga yang memiliki kredibilitas yang bagus.

Perusahaan investasi yang kredibel memiliki struktur organisasi yang jelas. Cari tahu lebih banyak tentang perusahaan tersebut, bisa dari struktur organisasi yang jelas, informasi alamat, informasi website, dan testimoni orang-orang tentang perusahaan atau lembaga tersebut.

Belajar dari kegagalan dan keberhasilan anda

Investasi online akan terus berkembang karena lajunya akan bersamaan mengikuti perkembangan teknologi dan internet. Untuk kedepannya, investasi online akan menjadi ladang uang baru bagi banyak orang. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk terus belajar guna menambah wawasan dalam investasi online.

Sekian tips dari kami mengenai investasi online. Selalu bersikap cerdas dan teliti sebelum berinvestasi merupakan sikap yang harus anda miliki terus. Semoga tips yang kami berikan ini berguna bagi anda investor pemula dalam menekuni investasi online.


 

Artikel blog ini ditulis oleh Koperasi Namastra, koperasi digital pertama di Indonesia dan Asia Tenggara. Kami menyediakan pembiayaan yang diberikan kepada kelompok wanita produktif yang tergabung dalam Kelompok Mandiri Sejahtera (KMS) yang akan digunakan untuk modal usaha dan membuka opsi investasi dengan pembagian profit yang jelas bersama Koperasi Namastra.

Koperasi Namastra secara resmi terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).